memekee

Keren! Desa Tua Unik yang Terbuat Dari Batu

Sobatmuda.com - Layaknya sebuah tempat tinggal atau rumah seharusnya dibangun dengan desain yang menarik dan indah serta kokoh, iyakan Sobat muda?.. Tapi jika kamu berkunjung ke desa yang bernama Kandovan ini, kamu pasti akan terkaget-kaget melihat pemandangan disana. Yup, hal ini dikarenakan perumahan di desa Kandovan tersebut dibangun dengan cara memahat bagian dalam batu tebing alami!

Desa Kandovan ini sendiri, terletak di Negara Iran, wilayah disekitar desa ini memang dikelilingi oleh pegunungan dan tebing-tebing yang terjang dan menjulang cukup tinggi. Jika Sobat muda melihat bebatuan tebing di Kandovan dari jarak yang cukup jauh pasti kamu akan melihat rangkaian tebing-tebing bebatuan yang indah, tapi semakin kamu mendekat ternyata di tebing bebatuan tersebut terdapat pintu dan jendela yang terlihat seperti rumah, karena mereka membangun rumah dengan cara memahat tebing-tebing tersebut. Tebing bebatuan yang ada di Kandovan ini terbebtuk secara alami loh, hal lni dikarenakan adanya aktivitas volkano dimasa yang lalu.

Sebagian masyarakat di desa Kandovan, masih menggunakan interior tradisional yang alami sama seperti para leluhur mereka berabad-abad lalu. Tapi sebagian lainnya sudah merubah interior dengan nuansa yang lebih modern, seperti menghias dengan lampu-lampu, mewarnai dinding dengan tebing cat, mengunakan karpet warna-warni sebagai alas ubin, membuat kamar dan sebagainya. Komunitas desa Kandovan ini sendiri, dihuni oleh sekitar 170 keluarga.

Selain suasana yang asri karena dikelilingi dengan perbukitan dan peggunungan, rumah-rumah tadisional di desa Kandovan ini juga memiliki kelebihan lain yaitu hemat energy. Karena rumah mereka terletak di peggunungan dan terbuat dari bebatuan tebing alami, sehingga mereka tidak perlu menggunakan AC saat cuaca sedang panas, dan juga gak memerlukan pemanas saat cuaca sedang dingin, karena bebatuan alami di Kandovan bisa menyesuaikan dengan suhu udara disekitarnya. Wah, keren yah!

Sumber: flippkids.com
Jangan Lupa Gabung di Facebook dan Tweeter Sobat Muda yah!

Related Post

Unik 5628834330321744023

Post a Comment

emo-but-icon

Terbaru

Archive

Space Banner

Kunjungi Juga

Prediksi Bola ajangprediksi.com Berita Sepakbola dan Prediksi Bola Terkini. arrow
Bingkai Hiburan bingkaihiburan.com Temukan informasi seputar serba serbi unik dan menarik di sini. arrow
Iklan oleh Sobat Muda info

item